Microsoft - Tutorial Cara Membuat Daftar Isi dengan Cepat Menggunakan Microsoft Word

Microsoft - Tutorial Cara Membuat Daftar Isi dengan Cepat Menggunakan Microsoft Word

Hai guys.. Gimana kabarnya ?? Baik bukan ??
Nah kali ini saya akan memposting artkel saya tentang Tutorial Cara Membuat Daftar Isi dengan Cepat Menggunakan Microsoft Word. Nah pasti dari kalian yang sudah kuliah,
disuruh bikin laporan laporan dan laporan.. Tapi masih bingung cara buat daftar isi dengan cepat.. ? Nah pada kesempatan ini saya akan menjelaskan bagaimana caranya
membuat daftar isi dengan cepat looh guys..

Saya menggunakan Microsoft Office 2010 guys.. saya menggunakan yang 2016 gak bisa.. ntah kenapa saya juga bingung kenapa tidak bisa guys.. selalu muncul tulisan aneh.
Jadi saya menggunakan microsoft tahun 2010. Buat kalian yang spek PCnya rendah, santai saja guys.. karena Microsoft Office 2010 ini sangatlah enteng gak sampe 1 gb kok.
Jadi tenang saja guys..
Sebelum menuju tutorial, saya akan berbagi sedikit materi tentang cara menggunakan fitur "Table of Content". Apa itu Table of Content ? yaitu cara simple membuat
daftar isi pada laporan menggunakan level pada Bab dan Sub Bab. Contoh Bab yaitu biasanya diletakkan paling atas seperti "BAB I Menjelaskan Makna Makalah" Misal seperti itu.
Bab adalah bagian text level 1. Sedangkan Sub Bab yaitu adalah point point penting pada BAB yang akan dibahas. Misal "1.1 Pengertian Makalah, 1.2 Tujuan Makalah, dll."
Sub Bab terdiri dari level 2 - 9 (Pada laporan biasanya cuma sampai Level 3 saja). Yang dimaksud dengan level 2 yaitu focus pada pointnya seperti "1.1, 1.2, 2.1 dan seterusnya",
Sedangkan yang dimaksud dengan level 3 yaitu focus pada pointnya seperti "1.1.1, 1.1.2, 1.2.1, 2.1.3 dan seterusnya".
Nah sudah paham kan ?? Mudah kok guys.. jadi, gimana caranya memberi level pada BAB dan Sub Bab ?? Simak tutorial dibawah ini guys :

1. Buka tugas laporan/makalah kalian menggunakan Microsoft Word kalian guys (bisa 2007,2010, 2013).
2. Pergi menuju BAB I dulu guys, blog BAB I berserta judulnya, lalu klik "Paragraf" (Lihat gambar dibawah) pada menu "Home" di MS Word kalian.
Microsoft - Tutorial Cara Membuat Daftar Isi dengan Cepat Menggunakan Microsoft Word
Paragraph

3. Lalu pada outline level, disitu tertera "Body Text". Klik lalu ganti dengan level 1.
4. Setelah itu oke.
5. Blog pada Sub Bab/Point pertama, kedua, ketiga dan seterusnya (Sebanyak Sub Bab/Point kalian di BAB I guys). Lalu pergi ke menu "Paragraf", pada Outline Level ganti ke Level 2.
6. Lalu klik oke.
7. Apabila pada Sub Bab kalian ada point lagi, seperti "1.1.1" (3 Angka), Blog judul beserta pointnya lalu klik "paragraf" dan ganti outline level menjadi level 3.
8. Pada Bab II, Blog Bab II beserta judulnya. Lalu klik "Paragraf" dan ganti outline level menjadi level 1 guys. Lakukan hal yang sama dengan tutorial nomor 2-5 guys.
9. Jika kalian membuat Daftar Pustaka dan Kesimpulan. Mereka (Daftar Pustaka dan Kesimpulan) jadikann ke level 1 guys. Karena mereka adalah BAB juga.
10. Setelah itu selesai semua diganti dengan level.
11. Pergi ke Daftar isi yang masih kosong. Pergi ke bagian kiri dibawah tulisan Daftar Isi (Ctrl + L) (Lihat gambar dibawah).
Microsoft - Tutorial Cara Membuat Daftar Isi dengan Cepat Menggunakan Microsoft Word

12. Selanjutnya pergi ke menu "References" dan klik "Table of Content"
13. Pilih yang teratas, lalu klik.
14. Maka akan muncul Daftar Isi kalian dengan otomatis.
15. Daftar isi itu berfungsi seperti Hyperlink looh guys.. coba aja kalian Ctrl + Klik di bagian mana yang kalian ingin kunjungi. Misal Kesimpulan, maka klik Kesimpulan. Maka akan langsung menuju ke bagian Kesimpulan. Jadi sipp banget dah pokoknya guys.

Jika kalian masih bingung dengan tutorial saya di atas, kalian juga bisa melihat video saya dibawah ini guys.. eheh


Sekian artikel saya tentang Tutorial Cara Membuat Daftar Isi dengan Cepat Menggunakan Microsoft Word. Jangan lupa share ya guys.. semoga berfmanfaat.. :)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Microsoft - Tutorial Cara Membuat Daftar Isi dengan Cepat Menggunakan Microsoft Word"

Posting Komentar

Jika anda ingin bertanya tentang Artikel ini silahkan anda meluangkan waktu untuk berkomentar di kolom komentar berikut :